8 Wisata Candi di Jawa Tengah Yang Ada di Lereng Gunung

Wisata Candi di Jawa Tengah – Pernah kepikiran bagaiamana asyiknya nikmati hawa sejuk khas pegunungan sembari menjelajahi bangunan-bangunan candi yang sarat bakal nilai histori?. Di Jawa Tengah, kita dapat mengerjakannya.

Terdapat banyak candi di Jawa Tengah yang tempatnya kebetulan ada persis di lereng gunung. Mengunjunginya bakal bikin kita memperoleh dua hal sekalian : wisata alam serta wisata histori.

Kita akan tidak mengulas Candi Arjuna di Dieng. Walau candi itu memanglah ada di dataran tinggi, tetapi tempatnya bukanlah di lereng gunung. Yang bakal sleepingsquirrel.org bicarakan yaitu dua buah candi di Kabupaten Karanganyar dan enam candi di Kabupaten Semarang.

Candi Cetho

Wisata Candi di Jawa Tengah

Sebelumnya mengambil keputusan untuk berkunjung ke satu diantara candi yang bakal kita katakan, yakinkan kendaraan betul-betul dalam keadaan siap tempur karna kita bakal melalui jalanan yang naik turun, khas pegunungan.

So, di bawah ini yaitu 8 candi itu.

1. Candi Cetho

Kita dari mulai Candi Cetho di Karanganyar. Candi ini adalah satu candi bercorak Hindu yang ada di lereng Gunung Lawu samping barat. Candi ini adalah satu diantara peninggalan dari kerajaan Majapahit yang notebene berpusat di Jawa Timur. Candi Cetho di bangun pada era ke-15 mendekati saat akhir kejayaan Majapahit. Tempat candi ini dengan cara detil ada di Dusun Ceto, Desa Gumeng, Kecamatan Jenawi pada ketinggian 1. 496 mdpl. Candi Cetho sendiri juga adalah satu diantara jalur pendakian ke puncak Gunung Lawu serta mempunyai track paling panjang.

Bangunan paling utama candi ada di ujung belakang kompleks, yaitu satu candi yang ukurannya sesungguhnya tidaklah terlalu besar. Dalam perjalanan menuju bangunan paling utama kita bakal temukan sebagian arca, salah nya ialah satu arca nyleneh yang melambangkan organ intim lelaki. Yang istimewa dari candi ini yaitu tempatnya yang ada persis diatas Perkebunan Teh Kemuning yang disebut hanya satu perkebunan teh di kawasasn Solo Raya.

2. Candi Sukuh

Candi Sukuh adalah saudara dari Candi Cetho. Candi ini dapat adalah candi Hindu peninggalan Kerajaan Majapahit serta di bangun pada periode yang sama. Bila di Candi Cetho kita bakal temukan satu arca yang cukup vulgar, jadi di Candi Sukuh ini lebih kronis lagi. Bakal terdapat banyak arca serta relief sama yang bakal kita termukan di Candi Sukuh. Salah nya ialah seperti yang tampak pada gambar diatas.

Candi Sukuh sendiri berjarak sekitaran 4 km dari Candi Cetho. Tempat candi ini masuk lokasi Dukuh Sukuh, Desa Berjo, Kecamatan Ngargoyoso, Kabupaten Karanganyar. Tempat candi ada di lereng Gunung Lawu pada ketinggian 1. 186 mdpl. Bangunan paling utama di kompleks ini adalah satu candi yang memiliki bentuk serupa Chichen Itza di Meksiko. Candi Sukuh ini adalah satu diantara objek yang cukup popular untuk photo komersial serta pre-wedding. Kompleks taman yang ada di sekitaran candi teratur dengan begitu rapi.

3. Candi Gedong Songo

Di lereng Gunung Ungaran di Kecamatan Bandungan, Kabupaten Semarang ada satu kompleks percandian yang di kenal dengan nama Gedong Songo. Di kompleks percandian ini sesungguhnya ada 9 buah candi tetapi yang masih tetap utuh serta berupa candi cuma ada 5, plus satu candi perwara. Jadi, ada 6 buah candi yang bakal kamu dapatkan di kompleks percandian Gedong Songo.

Candi Gedong Songo sendiri ada pada ketinggian 1. 200 mdpl. Jarak pada satu candi dengan candi lain di kompleks ini cukup jauh. Untuk mempermudah pengunjung Wisata Candi di Jawa Tengah, dinas berkaitan sudah lengkapi kompleks candi dengan pavement. Kompleks candi Gedong Songo ini bakal jadi tempat yang begitu mengasyikkan buat mereka yang miliki hoby jalan kaki. Kapan lagi dapat jalan kaki di pavement sembari nikmati alam pegunungan, plus singgah ke candi-candi yang bersejarah.

Gedong Songo sendiri adalah satu kompleks percandian Hindu yang diketemukan oleh Stamford Raffles, satu diantara gubernur Hindia Belanda paling populer sekalian orang yang diakui sebagai pendiri negara Singapura. Raffles temukan candi ini pada th. 1804.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *